*Do'a Hamba Menjelang Romadhon*

🌴🌴🌴🌴🌴

_Ya Allah...._

_Menjelang Ramadhan ini_
_Dengan penuh kesadaran diri_
_Aku telah menyadari, menerima, mengikhlaskan, merelakan, memaafkan dan melepaskan semua dosa dan kesalahan saudara-saudaraku seiman..._

_Entah kesalahan yang mereka sadari ataupun tidak..._
_Entah kesalahan yang mereka mengerti ataupun tidak..._
_Entah kesalahan yang mereka sengaja ataupun tidak..._
_Entah kesalahan yang mereka mintakan maaf kepadaku ataupun tidak..._

_Semua kesalahan mereka, besar ataupun kecil, sudah aku terima, sudah aku maafkan, sudah aku relakan, sudah aku lepaskan..._

_Maka dari itu ya Allah...._

_Maafkan saudara-saudaraku seiman..._
_Jangan tuntut lagi mereka kelak di hari pengadilan..._
_Hari dimana sedikit saja tuntutan akan sangat memberatkan..._
_Hari dimana sedikit saja permaafan akan sangat meringankan..._

_Maka dari itu ya Allah...._

_Bukakanlah hati saudara-saudaraku seiman..._
_Agar bersedia merelakan, mengikhlaskan dan memaafkan dosa dan kesalahanku terhadap mereka..._

_Entah kesalahan yang aku sadari ataupun tidak..._
_Entah kesalahan yang aku mengerti ataupun tidak..._
_Entah kesalahan yang aku sengaja ataupun tidak..._
_Entah kesalahan yang sempat aku mintakan maaf kepada mereka ataupun tidak..._

_Maka dari itu ya Allah...._

_Maafkan dosa dan kesalahanku terhadap saudara-saudaraku seiman..._
_Jangan tuntut lagi aku kelak di hari pengadilan..._
_Hari dimana sedikit saja tuntutan akan sangat memberatkan..._
_Hari dimana sedikit saja permaafan akan sangat meringankan..._

_Maafkan dan ampuni kami semua Ya Allah..._
_Berkahi langkah hidup kami_
_Hingga kelak berkumpul kembali di surga abadi...._

_Aamiin....._